Pengenalan Algoritma dan Pemrograman

Pada pembelajaran kali ini kita akan mengenal definisi algoritma dan pemrograman. Selain kita mengenal definisi kita juga akan belajar mengenai dasar pemetaan algoritma ke dalam bahasa algoritmik. Yang akan kita kupas tuntas di postingan kami kali ini.



Definisi Algoritma dan Pemrograman

Algoritma berarti solusi, solusi yang dimaksud dalam bahasa pemrograman adalah pemecahan masalah yang harus dipecahkan dengan menggunakan komputer. Langkah - langkah apa saja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Oleh karenanya algoritma merupakan inti dari suatu pemrograman, maka algoritma harus dibuat secara runut agar komputer mengerti dan mampu mengeksekusi program yang dibuat secara benar.

Teori mengenai Algoritma dan Pemrograman

Contoh real untuk mengambarkan solusi dari masalah yang akan diselelesaikan, misalnya solusi untuk menghitung jumlah hewan di suatu peternakan:
  1. Hitung keseluruhan jumlah ayam yang ada di dalam kandang
  2. Apabila ada hewan yang masuk setelah itu, maka jumlah ayam akan ditambah
  3. Apabila ada hewan yang diambil untuk penyembelihan, maka jumlah ayam akan dikurangi.
  4. Hewan yang ada di peternakan terdiri dari ayam, sapi, kambing, dan bebek
Sebagai manusia, kita sudah pasti mengerti langkah - langkah dalam menghitung jumlah ayam dalam suatu peternakan, namun masalah dalam pemrograman adalah bagaimana kita bisa membuat komputer mengerti langkah demi langkah yang kita inginkan sehingga menghasilkan hasil yang kita inginkan. Agar dapat dijalankan pada komputer, maka langkah - langkah solusi yang diinginkan harus menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer yang dikemas dalam bentuk program komputer.

Bahasa algoritmik (pseudocode) merupakan sebuah bahasa yang dapat dikatakan sebagai penengah antara manusia dan komputer. Pseudocode dibuat agar kita mudah memahami algoritma dengan logika manusia diubah kedalam bahasa pemrograman apapun yang dapat dimengerti oleh komputer. Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang dikenal oleh komputer, misalnya Pascal, Java, PHP, C#, C++,Python dan sebagainya.

Program adalah algoritma ditambah dengan struktur data. Struktur data merupakan suatu tempat tatanan penyimpanan data yang dibutuhkan oleh suatu program pada komputer. Jika manusia memiliki otak untuk menyimpan data, maka komputer juga membutuhkan tempat untuk menyimpan data yang dibutuhkan. Hal ini disebabkan tempat penyimpanan data pada komputer memiliki kemampuan yang terbatas jika dibandingkan dengan otak manusia, maka diperlukan sebuah tatanan atau struktur agar data yang disimpan mudah untuk diakses. Belajar pemrograman berarti belajar membuat strategi penyelesaian masalah atau membuat suatu solusi. Sedangkan bahasa pemrograman adalah alat untuk mempelajari pembuatan program. Dalam Pembahasan kali ini, kita akan belajar membuat program dengan menggunakan bahasa pemrograman C++.

Implementasi dalam Algoritma dan Pemrograman

Dengan menggunakan contoh sebelumnya. Kita dapat membuat urutan dalam bentuk algoritma yang baik dan terstruktur.

Task 1: Deklarasi, merupakan tahapan untuk mendeklarasikan tempat yang dipakai untuk membuat mi.
Step 1 : Mendeklarasikan tempat kosong yang dipakai sebagai kandang tempat menaruh hewan.
Step 2 : Mendeklarasikan kandang di peternakan.
Step 3 : Contoh kode dengan bahasa algoritmik pada tahap deklarasi adalah
sebagai berikut :
ayam: integer
sapi: integer
kambing: integer
bebek: integer

Task 2 : Inisialisasi, merupakan tahapan mempersiapkan proses yang dikerjakan untuk menyelesaikan masalah.
Step 1: Mempersiapkan jumlah hewan yang ada di kandang, dan proses penambahan dan pengambilan hewan.
Step 2 : Contoh kode dengan bahasa algoritmik adalah sebagai berikut :
ayam ⇠ 5
sapi  ⇠ 1
kambing ⇠ 1
bebek ⇠5

Task 3 : Proses penyelesaian masalah, merupakan tahapan untuk penyelesaian masalah untuk memenuhi tujuan sebuah algoritma dibuat.
Step 1 : Menambah jumlah hewan 
hewan ⇠ hewan sekarang + jumlah penambahan ke kandang
Step 2 : Mengurangi jumlah hewan
hewan ⇠hewan sekarang - jumlah pengurangan ke kandang

Task 4 : Finalisasi, merupakan tahapan bersih - bersih atau tahap akhir misalnya ayam telah habis diambil atau mengetahui jumlah hewan sekarang
Step 1 : Mengosongkan jumlah ayam apabila ayam telah diambil semua.
ayam ⇠ 0
Step 2 : Menghitung jumlah hewan keseluruhan.
hewan ⇠ ayam+kambing+sapi+bebek
Step 3: Menyajikan hasil perhitungan yang telah dibuat.
Output (“ jumlah hewan sekarang adalah 10 ekor

Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengenalan Algoritma dan Pemrograman. Jika terdapat pertanyaan jangan sungkan sungkan untuk menulis komentar dibawah sini.
Terimakasih telah berkunjung di situs kami.
”)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan Algoritma dan Pemrograman"

Post a Comment