Membuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++ (Super Jelas)

Membuat Hello World di Bahasa C++ - Pada kesempatan kali ini kita akan memasuki cara membuat suatu codingan dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ di Dev-C++. Hello World atau dalam bahasa indonesia yakni Halo Dunia, merupakan program pertama kali diajarkan saat kita mulai belajar suatu bahasa pemorgraman baru. Hello World disini juga sebagai dasar sebelum kita dapat membuat program yang diinginkan tentunya akan lebih rumit.
Membuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara kita dalam membuat tulisan Hello World menggunakan Bahasa Pemrograman C++ di Dev-C++. Mari kita mulai belajarnya.

Cara Membuat Program Hello World di Bahasa C++ dengan Dev-C++

1.  Pertama kalian wajib membuka Dev-C++ di PC, Laptop atau yang lainnya.
Mwmbuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++ (Super Jelas)

Mwmbuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++ (Super Jelas)
2.  Buat Program Baru dengan klik file - New - Source File, atau kalian tidak ingin ribet tinggal kalian tekan CTRL + N.
Mwmbuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++ (Super Jelas)
3.  Buatlah ketikan program seperti yang saya contohkan dibawah ini.
#include <iostream>
using namespace std;

int main (){
//sourcecode untuk menampilan Hello world
cout << "Hello World";
return 0;
}
Mwmbuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++ (Super Jelas)

4.   Setelah kalian tulis kode diatas coba kalian compile & Run caranya dapat kalian lihat gambar dibawah ini.
Mwmbuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++ (Super Jelas)

5.  Maka kalian akan meuncul dialog, agar menyimpan sebelum compile, cara simpannya tinggal pilh ditaruh mana terutama file ini bentknya cpp.
Mwmbuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++ (Super Jelas)

6.  Setelah kalian telah klik save akan muncu
l pada layar kalian hasil compile tersebut yang menhgahsilkan tulisan hello world.
Mwmbuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++ (Super Jelas)

7.  Oke itu saja, selamat mencoba sendiri.

Penjelasan Source Kode Program Hello World diatas.

1. #include <iostream>
Di baris pertama kita mengetahuian tulisan #include <iostream>. Yang mempunyai Arti sebagai baris Preprocessor yang digunakan untuk melampirkan file header (library) iostream ketika program dicompile. Kode yang diawali dengan #(pagar) merupakan sebuah Preprocessor. Preprocessor digunakan untuk memberitahukan compiler untuk melakukan sesuatu sebelum silakukan kompilasi.

Preprocessor #include ini yang akan memberitahukan kompiler agar mengincludekan library iostream, dimana library iostream pada Bahasa C++ mempunyai fungsi  sebagai standar input output (Pada Bahasa C yang menggunakan stdio.h). Salah satu isi iostream adalah untuk menggunakan statement Cin, Endl dan Cout

2. using namespace std;
Pada Baris tersebut memberitahukan kepada compiler kompulasi sources code atau program yang kita akan tulis menggunakan Standar C++ Library. Penulisan kode "using namespace std;" mempunyai tujuan untuk melakukan penulisan kode langsung tanpa menuliskan std:: , Penyebabnya, pada iosteam C++ melakukan pembungkusan yang rapat semua fungsi input output dalam namespace std. Jika sobat tidak menuliskan "using namespace std;" , maka program harus ditulisakan std:: atau bisa lihat dibawah ini.
#include <iostream>
//using namespace std;

int main (){
//sourcecode untuk menampilan Hello world
std::cout << "Hello World";
return 0;
}
3. int main() { ... }
Kode ini yang menyatakan bahwa itu merupakan suatu pembuatan yang paling utama. Semua program yang ditulis menggunakan bahasa C/C++ seharusnya mempunyai sebuah main (fungsi utama) / int main. main merupakan kode / fungsi awal yang dieksekusi saat program dijalankan, Fungsi tersebut berarti bahwa untuk  menjalankan  / memanggil fungsi lain, fungsi fungsi lain tersebut harus dipanngil melalui int main (), atau fungsi main(). tulisan didepan "main" dinamakan sebagai "return type“ dimana tipe return / keluaran nya berupa nilai integer.
Kemudian simbol "{" dan "}" menandakan sebuah scope dalam code dimana isi scopenya adalah isi dari fungsi main(). Jadi ketika fungsi main() dipanggil maka isi yang ada pada scope lah yang dieksekusi.
4. cout<<"Hello World";
Kalau peritntah cout ini  Merupakan sebuah statement dalam C++. Pernyataan inilah yang dapat mempengaruhi terhadap hasil eksekusi dalam suatu program. Statement pada contoh ini kita menggunakana (cout)  yang menyatakan mencetak tulisan “HelloWorld” pada tampilan. "cout" bisa berjalan lancar karena terdapat file header / library "iostream". jika kalian belum yakin bisa coba, dengan dapat membuktikannya dengan menghilangkan "#include <iositream>" dan lihat apa yang akan terjadi ?
5. return 0;

Retun 0; ini Menyatakan hasil keluaran dari fungsi int main() ialah 0. Dalam C++, return 0 dalam int main() juga dapat diartikan bahwasannya program berakhir dengan normal.

Itu saja postingan saya kali ini mngenai Membuat Hello World Menggunakan Bahasa Pemrograman C++ di Dev-C++. Semoga dengan artikel ini menabwah ilmu kalian, atau sebagai pengerjaan tugas, atau yang lainnya. Jika terdapat pertanyaan jangan ragu untuk bertanya, tinggal menuliskan di kolom komentar. Sekian dan Terimakasih telah berkunjung disitus kami.

Membuat Hello Wordl di Bahasa Pemrograman C++ (Super Jelas)
Terima Kasih
OmahInformatika.xyz

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++ (Super Jelas)"

Post a Comment