Apa itu Dev-C++, Pengertian, dan Fungsi

Oke kali ini kita akan bahas compiler untuk menerjemahkan bahasa Pemrograman C++. Di pembelajaran di situs ini saya menggunakan Dev-C++ sebagai compilernya. Maka dari itu saya akan share menengai apa itu Dev-C++.
Apa itu Dev-C++

Sebelum kita masuk ke materi utama alangkah baik kita review sebentar mengeani apa itu Bahasa Pemrograman C++

Apa itu Bahasa Pemrograman C++

Bahasa C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman sebagai evolusi dari Bahasa C. Bahasa C++ ini diciptakan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980. Sebelum menjada nama C++ banyak pergantian yang di alami. Review lagi ++ dalam Tulisan setelah C merupakan operasi increment yang mempunyai arti penaikkan. ++ ini menunjukkan bahwa Bahasa C++ lebih canggih daripada Bahasa C.

Bahasa C++ diciptakan degnan dukungan Bahasa yang berorientasi objek atau yang dapat kita sebu dengan Object Oriented Porgramming (OOP), yang tidak dimiliki pada Bahasa Pemrograman C++. Setelah kembali ingat mengenai C++. Mari kita lanjut ke materi utama yakni Apa itu Dev-C++.

Apa itu Dev-C++

Dev-C++ merupakan salah satu IDE yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa Pemrograman C++. IDE ini sudah dilengkapi dengan TDM-GCC Compiler yang merupakan bagian dari GNU Compiler Collection (GCC). Dev-C++ini IDE gratis dengan fitur yang lengkap yang merupakan lisensi dibawah lisensi GNU general Public lisense.

Dev-C++ ini dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa Pemrograman C++, dan C. Versi yang kami digunakan untuk belajar Coding kali ini saya menggunakan Dev-C++ 5.11, Yang dirilis April 2015. Compiler C++ ini menggunakan TDM-GCC 4.9.2 yang merupakan bagian dari GNU Compiler Collection (GCC). Kalian juga dapat menggunakan versi yang lebih lam contohnya. Versi Dev-C++ 5.3.0.3 yang dirilis pada tanggal 11 November 2012. Compiler Dev-C++ ini menggunakan MinGW versi 4.7.0. Tapi Dev-C++ keluaran diatas tahun 2014 menggunakan compiler TDM-GCC. Mengapa TDM-GCC karena dianggap lebih memiliki berbagai fitur dan dapat menggunakan sedikit penyimpanan ruang dan lebih jarang terjadi crash.

Saat kalian mencoding Bahasa Pmerograman C++ saya sarankan untuk menggunakan Dev-C++ 5.11, karena menurut saya paling pas, pernah ganti compiler tapi tidak seenak menggunakan Dev-C++ versi 5.11, Software tersebut dapat kalian miliki dengan mengunduh disitus resminya. Atau juga bisa menggunakan Dev-C++ keluaran versi terbaru, yang tahunnya diatas 5.11.

Fungsi Dev-C++

  1. Digunakan sebagai menulis program atau biasa kita kenal dengan Source Code.
  2. Digunakan untuk menerjamahkan Program (Compile)
  3. Digunakan untuk menguji suatu program yang kita buat (Debugging)
  4. Dapat kita gunakan untuk mengaitkan Objecct dan Library ke Program (linking)
  5. Tentunya kita dapat menjalankan program yang kita telah buat.
Itu saja postingan mengenai Apa itu Dev-C++ yang digunakan untuk mencoding bahasa pemrograman C++. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat semua baik digunakan untuk menambah ilmu sobat, untuk bahan pengerjaan tugas, atau untuk wawasan mengenai pengertian Dev-C++, Apa itu Dev-C++, Dev -C++ adalah, Compiler Bahasa Pemrograman C++, atau IDE Bahasa Pemrograman C++. Jika terdapat pertanyaan jangan ragu untuk bertanya, kalian dapat menanyakan dengan menulis di kolom komentar. Sekian dan Terimakasih telah berkunjung di situs kami.

Apa itu Dev-C++ yang digunakan Untuk Coding Bahasa Pemrograman C++
Terima Kasih
OmahInformatika.xyz

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Dev-C++, Pengertian, dan Fungsi"

Post a Comment