Tahap Tahapan Membuat Sebuah Program di Bahasa Pemrograman C++

Tahap Tahapan Membuat Sebuah Program
Bahasa Pemrograman C++
Tahap Tahapan Membuat Sebuah Program  Bahasa Pemrograman C++

Setelah kita mengenal belajar tipe data di dalam Bahasa Pemrograman C++, pasti kalian penasaran cara mempraktekkan agar menjadi sebuah codingan. Pada pemabahasan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang membuat program pertama saya, walau sempat kesulitan tapi lama kelamaan saya bisa. disini saya akan share Tata Cara membuat sebuah program C++.

Sebelum masuk ke materi, yang kalian lakukan yakni membuka software compiler kalian. Setelah terbuka buat baru dan save terlebih dahulu agar tidak perlu save kembali saat kalian mengcompile.

Program Hello World di Bahasa Pemrograman C++

Sebelum kita masuk ke materi tahap tahap membuat sebuah program, Mari kita coba membuat Hello World dengan di Bahasa Pemrograman C++.

Sources Code 
//program pertama yang kubuat
#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
cout << "Hello World";
return 0;
}
Tahap Tahapan Membuat Sebuah Program di Bahasa Pemrograman C++

Jika kalian mencompilenya maka akan tampil seperti ini.
Tahap Tahapan Membuat Sebuah Program di Bahasa Pemrograman C++

Sebelum memulai yang lebih sulit dan rumit coba kalian mebuat seperti diatas, dan pahami. Setelah itu kalian dapat melanjutkan ketahapan selanjutnya. Seperti dibawah ini lanjutannya, tapi ini masih kategori mudah. Lama kelamaan lumayan rumit, tapi ketekunan mebuat belajar kalian mudah.

Tahap Tahap Membuat Sebuh Program di Bahasa Pemrograman C++

Tahapan - tahapan yang terpenting dalam membuat suatu program adalah dimulai dengan mendeklarasikan variabel yang akan dipakai dan jenis tipe datanya, selanjutnya melakukan inisialisasi pada variabel tersebut, kemudian mendefinisikan proses - proses penyelesaian masalah yang dapat berupa rumus - rumus perhitungan atau instruksi dan perintah - perintah yang lain. Pendeklarasian suatu variabel dan tipe datanya pada bahasa C++ dapat dilihat pada step - step berikut:

Mari kita coba membuat program penjumlahan 2 bilangan bulat :
1) Step 1 : Deklarasi variabel - variabel
Penjelasan: Variabel - variabel yang digunakan untuk proses penjumlahan dua buah bilangan bulat, adalah a dan b. Oleh karena dua buah bilangan yang diproses merupakan bilangan bulat, maka tipe data yang digunakan pada variabel a dan variabel b adalah integer.
2) Step 2 : Inisialisasi
Penjelasan: Inisialisasi pada variabel a dan b adalah pemberian nilai awal pada kedua variabel yang akan digunakan.
3) Step 3 : Proses
Penjelasan: Berisi proses penjumlahan, karena yang kita bahas merupakan menjumlah dua variabel a dengan b, maka kita memberi perintah hasil = a+b.
4) Step 4 : Finalisasi
Penjelasan: merupakan tahapan untuk mengakhiri program, meliputi tampilan hasil ke output devices (layar), dan return 0 digunakan untuk mengakhiri dan mengembalikan nilai, karena program kita menggunakan INT (lihat pada fungsi main), maka perlu adanya pengembalian nilai. Untuk itu kita gunakan return 0 agar tidak terjadi kesalahpahaman antara kita dengan program.

Sources Code
//my first program in C++
#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
 //deklarasi
 int a,b;
 int hasil;

 //inisialisasi
 a=5;
 b=2;

 //proses
 hasil=a+b;

 //menampilkan hasil
 cout << hasil <<endl;
 getchar();

 //memberhentikan program
 return 0;

}
Tahap Tahapan Membuat Sebuah Program di Bahasa Pemrograman C++

Kompilasi dan Ekseskusi Program
Hasil compile pada source code diatas akan menghasilkan nilai 7. Karena a kita inisialisasikan dengan 5 sedangkan b kita inisialisasikan dengan 2. maka hasil pertambahan tersebut menghasilkan nilai 7.
Tahap Tahapan Membuat Sebuah Program di Bahasa Pemrograman C++

Demikian pembahasan mengenai tahap tahapan bagaimana cara membuat sebuah program dengan bahasa pemrograman C++. Semoga dengan artikel ini kalian lebih giat belajar. Dan mengerti mengenai materi materi yang ada pada bahasa Pemrograman C++, Jangan sungkan untuk menuliskan komentar untuk bertanya atau yang lain. Terimakasih telah berkunjung di situs kami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahap Tahapan Membuat Sebuah Program di Bahasa Pemrograman C++"

Post a Comment