Sejarah Terciptanya Bahasa Pemrograman C++

Halo soba semua, pada artikel kali ini kita akan membahas pembahasan yang menarik. Mengenai Sejarah Terciptanya Bahasa Pemrograman. Untuk menambah pengetahuan kalian mengenai Bahasa Pemrograman C++, akan lebih baik jika kalian mengenal terlebih dahulu Bahasa Pemrograman dari awal sampai terciptanya sebuah bahasa Pemrograman. Langsung saja mari kita bahas Sejarah Terciptanya Bahasa Pemrograman C++.
Sejarah Terciptanya Bahasa Pemrograman C++

Sejarah Bahasa Pemrograman

Sebelum lebih jauh mengenai Bahasa Pemrograman C++, hendaknya kita mengetahui terlebih dahulu Sejarah dari Bahasa Pemrograman, yang akan kita ulas secara mendalam. Bahasa Pemrograman yang biasanya kita sebut dengan Bahasa Komputer, bahasa komputer merupakan sebuah intruksi standar yang berguna untuk memberikan perintah kepada komputer. bahasa Pemrograman dapat saya artikan sebagai himpunan yang diantaranya berupa aturan sintaks dan semantik yang dipakai guna mendefinisikan sebuah program komputer. Kita dimungkinkan mengetahui secara persis data yang akan dioleh komputer dengan perantara Bahasa Pemrograman. Contohnya dalam olahan komputer yakni bagaimana data tersebut sisiman, langkah lankah apa yang akan kita jalankan dalam situasi apapun.

Ada banyak macam bahasa pemrograman yang telah diciptakan dan terdapat banyak pula perkembangan di bahasa komputer. Kalian harus tahu, sebenarnya awal dari pemrograman merupakan machine language, atau yang biasa kita kenal dengan bahasa mesin. Bahasa Mesin sendiri merupakan bahasa yang paling inti dalam dunia pemrograman. Setelah beberapa tahun bahasa komputer mulai berkembang dengan bukti lahirlah Bahasa Pemrograman BASIC dan COBOL, yang notabene merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat bekerja dengan bebrapa kata atupun kalimat, contohnya Let I=100. Intruksi tersebut itu bukan semata mata langsung keluar di dalam komputer tetapi perlu diterjemahkan kembali dalam bahasa mesin, maka dari itu bahasa mesin merupakan bahasa paling penting di dunia pemrograman. Menerjemahkan tersebut mengguakan compiler atau dapat juga menggunakan interpreter.

Perbedaan Interpreter dan compiler yakni pada sebuah interpreter akan menerjemahkan baris program saat dibaca, setelah itu mengubah menjadi bahasa mesin, dan paling utama mengeksekusi atau melakukan perintah yang ditulis oleh programmer. Sedangkan pada compiler akan menghasilkan program secara cepat karena menghilangkan program untuk penerjemah. Keuntungan dari menggunakan compiler daripada interpreter yakni interpreter harus menjalankan dengan menggunakan program sumber sedangkan compiler program executeble yang tidak bergantung dengan program sumber.

Pada awal tahun pembuatan program, prinsip dari programmer yakni menulis sebuah program dengan sependek mungkin serta dapat dijalankan secara cepat dan efisien. Program tersebut juga harus berukuran sekecil mungkin. Karena pada dahulu memori komputer cukup mahal dan CPU masih kurang secanggih sekarang. Setelah beberapa tahun kemudian CPU dan Memory semakin murah. Sekarang kebalikan dari yang dahulu. Programmer lebih mahal daripada komputer. Karena sekarang program yang baik dan mudah ditangani oleh penulis program adalah suatu bernilai tinggi. Karena jika mudah diatangani dapat diartikan pada saat bisnis tersebut mengalami perubahan kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena program tersebut dengan mudah beradaptasi dan dapat dikembangkan.

Sejarah Bahasa C

Sebelum ke Sejarah Bahasa C++, kita harus mengetahui Sejarah Bahasa C karena Bahasa Pemrograman C merupakan awal mula terciptanya bahasa Pemrograman C++. Bahasa C mulai di kembangkan pada tahun 1972 (Seribu Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan) di Bell Telephone Laboratories yang ditulis pertama kali oleh Dennis Ritchie, Kemudian bahasa C tersebut dikembangkan oleh Brian W. Kernighan dan Dennis Ritchie. Bahasa C merupakan bahsa turunan/ pengembangan dari Bahasa B yang ditulish pada tahun 1970 oeh Ken Thompson, yang notabene Bahasa B merupakan turunan dari Bahasa BCL. Bahasa C awalnya dirancang untuk digunakan sebagai bahasa pemrograman yang dioperasikan melalu sistem operasi UNIX. Bahasa C tergolong di tingkatan Bahasa Mengenah. Bahas Menengah merupakan bahasa diantara Bahasa Tingkat Tinggi dan Bahasa Tingkat Menengah.

Walau Bahasa Pemrograman C dibuat guna memrograman sistem dan jaringan komputer. Tapi Bahasa C ini memiliki kemampuan yang tidak boleh diremehkan, salah satunya bisa digunakan dalam mengembangkan software aplikasi seperti halnya Word Star, dBase, dan Aplikasi Lainnya. Bahasa ini juga dipakai dalam berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer. Bahasa Memiliki andil besar dalam perkembangan bahasa pemrograman populer lainnya. Terutama untuk Bahasa Pemrograman C++, yang merupakan turunan dari Bahasa C.

Bahasa C++ awal mulanya disebut dengan "C With Classes" (C dengan Kelas), C++ diciptakan yang bergunan untuk mempunyai fitur yang berorientasi objek.

Sejarah Bahasa C++

Bahasa Pemrograman C++ diciptakan oleh Bjarn Stroustrup, pada tahun 1980. Awal mulanya sebagai prototype C++ yang muncul sebagai Bahasa C yang lebih canggih dengan fasilitas kelasnya. Makanya awal mula penamaan Bahasa C++ yakni "C With Classes (C dengan Kelas)". Bahasa C++ ini diciptakan untuk memiliki fitur yang berorientasi objek.

Dalam perkembganan Bahasa C++ maih dalam tahap perkembangan. Pada tahun 1983 - 1984 yang dahulunya masih dengan nama C With Classes disempurnakan kembali dengan menambah fasilitasi pembebanan lebihan operor dan fungsi, dan sebab itu nama berganti menjada "A Better C". Kemudian selang beberapa tahun atau pada tahun 1983 akhirnya menjadi nama yang sampai sekarang masih banyak digunakan di dalam dunia perkuliahan Indonesia sebagai pembelajaran yakni C++. Kemudian Borland Internasional merilis compiler Bahasa C++, yakni Compiler Borland C++ dan Turbo C++. Beda kedua compiler tersebut Turbo C++ hanya bisa digunakan dibawah lingkungan DOS sedangkan Borland C++ mampu melakukan tersebut juga mampu digunakan untuk pemrograman Windows. Ada juga perusahaan selain Borland yang merilis compiler tersebut. Antara lain Topspeed C++, Zortech C++, dan GNU Compiler Collection.

Cerita lebih detailnya mengenai penemuan bahasa pemrograman C++. Bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980, guna mendapatkan gelar Ph.D. Pada mulanya Bjarne Stroustrup bekerja menggunakan bahasa Simula, dimana bahasa simula merupakan bahasa yang hanya merupaan bahasa untuk simulasi saja. Walau begitu bahasa simula merupakan bahas pertama untuk mendukung paradigma Pemrogaman yang Berorientasi Objek. Akhirnya Bjarne Stroustrup menemukan pardigma guna pengembangan perangkat lunak, Tapi sayangnya bahasa Simula tersebut terlalu lambat dalam penggunaan praktis.

Tidak lama kemudian, Bjarne Stroustrup mulai bekerja menggunakan C With Classes. Awalnya C dengan kelas menggunakan compiler CFront, yang berasal dari compiler CPRE. Cfront merupakan suatu program yang dirancang untuk menerjemahkan C dengan Kelas ke dalam Bahasa C. Cfront kemudian ditinggalkan sekitar tahun 1993, karena mengelami kesulitan dalam mengintegrasi fitur fitur baru di dalamnya.

Tahun 1983,  pada tahun inilah nama C With Classes diubah menjadi C++. Kalian harus tahu makna ++ dalam kata setelah C merupakan operator incremen yang ada dalam bahasa pemrograman C++. Increment merupakan penambahan variabel sebanyak 1. Maka dari itu C++ bisa juga berarti dengan C+1 yang notabene merupakan dukungan terhadap bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Oleh Sebab itu Bahasa C++ merupakan Bahasa C yang ditambah dengan kemampuan terhadap pemrograman yang berorientasi objek. Oleh sebab itu Bahasa C++ dapat membaca Bahasa C tapi tidak untuk sebaliknya Bahaas C++ tidak dapat digunakan dalam Bahasa C. Karena dalam Bahasa C++ telah terjadi penambahan dari Bahasa C, antara lain penambahan tersebut, Fungsi Overloading,, Fungsi Virtual, Kata Kunci "cont" Reference dengan Simbol "&". dan Komentar satu baring menggunakan 2 grais miring "//", dua garis miring tersebut merupakan fitur yang diambil dari Bahasa Pemrograman BCPL.

Tahun 1985, Reference yang diutarakan oleh Bjarne Stroustrup dalam bahasa berjudul " The C++ Programming Language" diterbitkan untuk pertama kalinya. Pada tahun 1985 pula Bahasa Pemrograman C++ dipergunakan sebagai produk komersial. Padahal pada kala itu C++ masih belum secara resmi distandarkan.

Tahun 1989, Bahasa Pemrograman C++ diperbaharui. Bahasa C++ ini memasukkan Protected dan static member, dan juga inheritance dari beberapa kelas.

Tahun 1990, Compiler dari Perusaan Borland yakno Compiler Borland Turbo C++ telah dirilis sebagai produk komersial. Turbo C++ sendiri banyak menambahkan library tambahan yang mempunyai andil besar terhadap perkembangan bahasa pemrograman C++. Walau Rilis stabil dari Turbo C++ pada Tahun 2006. Walau begitu compiler Turbo C++ ini masih banyak digunakan berbagai orang. Pada tahun yang sama pula The Annotated C++ Referemce Manual resmi dirilis.

Tahun 1998, Menerbitkan standar internasinal pertama yakni Bahasa C++98, atau yang dikenal pula dengan nama C++ ISO/IEC 14882:1998, The Annotated C++ Reference Manual juga memiliki andil besar dalam perkembangan standar tersebut. Tapi sayangnya pada tahun 2003, C++98 tersebut terdapat beberapa masalah yang dilaporkan, akhirnya direvisi kembali dan dijuluki bahasa C++ hasil revisi yakni Bahasa C++03.

Tahun 2005, Komite Standar C++ merilis laporan teknis yang dijuluki TR1, yang merinci fitur fitur yang mereka rencakan dalam menambah berbagai fitur yang ada dalam Bahasa C++ standar terbaru. Standar tersebut dinamai dengan julukan C++0x. Tapi sayangnya pada tahun tersebut tidak dirilis. Akhirnya dirilis pada pertengahan tahun 2011.

Pertengahan Tahun 2011. C++ Resmi merilis Standar Baru tersebut yang rencana dari tahun 2005 tersebut. Standar Baru tersebut selesai dibuat dan desetujui oleh ISO/IEC pada tanggal 12 Agustus 2011, yang diterbit sebagai 14882:11). Dengan adanya Standar baru tersebut dapat meningkatkan Library yang ada dalam C++. Sebab itulah Membuat dampak yang besar dalam Standar Bahasa Pemrograman C++. Satu lagi yang kami lupa tulis. C++ tersebut dirilis dan dijuluki dengan sebutan C++11.

Itu saja yang kami dapat sampaikan mengenai Sejarah Bahasa Pemrograman, Secara Bahasa Pemrograman C, dan Sejarah Bahasa Pemrogramna C++, terima kasih telah membaca posting kami ini dan terus berkunjung untuk posting yang lebih bermanfaat. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang postingan ini jangan ragu untuk bertanya kepada kami dengan menuliskan komentar Anda di bawah ini.

Terimakasih Telah Membaca Postingan
Sejarah Bahasa Pemrograman C++
OmahInformatika.xyz

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Terciptanya Bahasa Pemrograman C++"

Post a Comment