Tipe Data Bahasa Pemrograman C++

Tipe Data Bahasa Pemrograman C++
Hai Para pembaca yang tentunya keren dan hebat hebat, kembali dengan saya, postingan mengenai pembelajaran bahasa pemrogaman C++. kali ini saya akan membagikan kepada kalian apa itu tipe data di dalam bahasa pemrograman C++, yang tentunya sangat berguna pada pembelajaran bahasa C++ untuk kedepannya. Mari langsung saja kita masuk ke materi.

Pengertian Tipe Data Bahasa Pemrograman C++

Tipe Data adalah jenis data berdasarkan isi dan sifatnya. Misalnya bisa kita analogikan dengan contoh kasus sehari hari yaitu galon air hanya khusus dibuat untuk menampung jenis benda dengan jenis tertentu, pada kasus ini benda yang dimaksud adalah air, sedangkan tong sampah hal ini digunakan untuk menampung sampah. jika belum tahu simak pembahasan berikut ini.
Adapun jenis tipe tipe data dasar pemrogaman, diantara lain:
  • Interger, tipe bilangan bulat biasa yang bisa disebut integer, namun bukan hanya interger tapi ada short dan long, yang membedakan hanyalah jangkauan bilangannya, short lebih kecil dan long lebih panjang, untuk int, sekitaran yang sedang sedang.
  • Real, tipe yang digunakan untuk menyatakan yang membutuhkan keteletan dengan adanya bilangan koma dibelakang angka. Diantaranya double, float, single, yang hanya dibedakan dengan jangkauan data.
  • Char, tipe data yang berguna untuk menyimpan sebuah karakter, contoh "a", "b", dst.
  • String, tipe data yang berupa kumpulan karakter (satu atau lebih) didalam bahasa C++ penggunaan ini didalam tanda petik dua ("..."). 
  • Boolean, tipe data yang digunakan untuk menyatakan benar (true), atau salah (false).
Tipe data tersebut bisa berbeda beda antara jangkauan data dan cara dalam penulisan bahasa pemrograman C++. Berikut merupakan jangkauan tipe data.
Tabel Jangkau Tipe Data
Tipe Jangkauan Data
Selanjutnya saya disini kita akan bahas mengenai variable, assignmen, kontsanta, dan variable. Tentunya beserta pengertian dan contoh penggunaan dalam bahas pemrograman C++.

Variabel
Variabel merupakan tempat untuk menyimpan data dengan tipe tertentu yang isinya bisa diubah - ubah sesuai dengan tipenya dan konstanta sebenarnya. Variabel yang ditentukan nilai standarnya (default) dari awal dan biasanya nilainya tidak dapat diubah - ubah. Variabel dan konstanta harus dideklarasikan terlebih dahulu agar program dapat mengalokasikan memory untuk menampung data yang spesifik dan memprosesnya dalam program sehingga didapatkan output yang sesuai. Bahasa C++ telah mendukung deklarasi variabel sekaligus inisialisasi, contohnya adalah
Variabel Assignment

Inisialisasi (assignment)
Inisialisasi (assignment) juga merupakan penugasan yaitu proses memasukkan nilai kedalam variabel dengan bantuan operator (=). Penugasan sering disebut sebagai “assignment”. Dari contoh diatas, proses assignmentnya dalah memasukkan data nilai a = 10, yang merupakan tipe data integer.

Konstanta
Konstanta seperti variabel, tapi mempunyai nilai yang tetap. Konstanta bisa berupa nilai float, interger, string, dan karakter. Pendeklarasian konstanta kita bisa menggunakan dengan 2 cara sebagai berikut yang saya jelaskan di bawah ini:
  • Pertama kita bisa menggunakan konstanta const maka kata kunci yang kita gunakan yaitu const, pendeklerasian tersebut hanya dengan menambah kata kunci const sebelum tipe data, setelah tipe data kita bisa langsung memberikan tugas atau yang biasa kita kenal dengan inisialisasi. Mari kita contoh penggunaaan konstanta menggunakan kata kunci const.
    Contoh:
Konstanta
  • Sedangkan jika kita menggunakan konstanta (#define), maka kita bisa mendeklarasikan konstanta tersebut dengan cara seperti ini, melakukan Define lebih mudah untuk kita lakukan karena kita diharuskan menyertakan #define sebagai preprocessor directive. sinak bisa kita letakkan bersama dengan pernyataan #include (diatas main()). Mari kita lihat contoh penggunakan konstanta menggunakan #define.
    Contoh :
Penggunaan Define
Pada postingan kali ini, saya cukupkan pembelajaran mengenai program C++ tentang type data dan tambahannya, semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk kalian, tetap tekadkan kalian untuk belajar, jangan putus asa, hasil tidak akan mengkhianati usaha. jangan lupa nantikan pembahasan C++ untuk postingan kedepan saya, jangan lupa share, ya terimakasih.
Terimakasih telah berkunjung di Omah Informatika.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Data Bahasa Pemrograman C++"

Post a Comment