Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

Pengenalan Bahasa Pemrograman C++
Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

Halo para pembaca setia blogger Omah Informatika, kali ini saya akan membagikan ilmu untuk kalian, inilah peratama kali saya belajar bahasa pemrograman. Yakni Bahasa Pemrograman C++. Saya kira Tidak terlalu sulit bahasa C++ untuk kalian pelajari. Yang penting tekad kalian dalam mempelajarinya. Sebelum masuk ke bahasa pemrograman C++ akan lebih baik saya memperkenalkan bahasa C++terlebih dahulu.

Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

Apa Yang Kalian Ketahui Mengenai Bahasa Pemrograman C++ ??
Bahasa Pemrograman C++ merupakan bahasa update dari Bahasa C. Bjarne Stoutrup merupakan orang dibalik tercipta bahasa C++, yang dikembangkan di Bong Labs (Dennise Ritchie). Bahasa C dikembangkan sekitar awal tahun 1970-an, sedangkan Bahasa Pemrograman C++ dikembangkan pada awal tahun 1980-an. Itulah sedikit pengetahuan tentang bahasa pemrogaman C++ yang akan saya bahas di postingan kali ini.

Sebelum masuk ke bahasa C++ disini kita harus mempunyai bahan - bahan untuk mendukung media pembelajaran kita kali ini. Software yang kita butuhkan merupakan software compile yang merupakan peragkat lunak yang digunakan untuk mengubah kode program (sources code) menjadi bahasa mesin (binary file) agar dapat dieksekusi oleh komputer. Program yang berhasil di-compile jika dalam program kita tidak menganduk kesalahan secara kaidah sama sekali (syntax error) contoh compiler yang saya gunakan adalah Dev-C++, Codeblock, dan Sublime (untuk Mac OS). saya sarankan menggunakan Dev-C++, karena dari sisi simple dan ringan, dan Software tersebut sangat mudah untuk digunakan.

Bahasa Pemrogaman C++ adalah bahasa pemrogaman komputer yang bersifat case sensitive, maksudnya di dalam compiler beda maksut antara huruf Besar "A" dengan "a". contoh kita dapat ambil kata Cout dengan cout pada bahasa C++ compiler menganggap tersebut tulisan itu beda atau beda dalam maknanya.

Bagian Bagian Pendukung Bahasa Pemrograman C++

Bagian bagian yang mendukung dalam pembuatan suatu bahasa pemrogaman C++, antara lain:
  • Komentar merupakan bagian kode program yang tidak akan dieksekusi oleh compiler. Komentar digunakan untuk memperjelas codingan kita. menggunakan simbol "//" atau "/*.....*/ 
  • Identifier nama yang akan diberikan oleh programmer (orang yang membuat program). 
  • Keyword, kata kunci yang merupakan kata - kata tertentu yang mengandung arti khusus yang terdapat dalam bahasa pemrogaman. Misalnya asm, class, delete, friend, inline, new, dan sebagainya di dalam bahasa pemrograman C++ itu merupakan keyword. Kata kata yang dianggap sebagai keyword menurut standar suatu bahasa pemrogaman tersebut tidak boleh dipakai sebagai nama identifier. 
  • Library Function berbeda dengan keyword, library function adalah pustaka yang berisi fungsi-fungsi yang telah disediakan oleh bahasa C++, dalam file file header atau library-nya. Sebagai contoh salah satu fungsi library tersebut yaitu "cout" yang disimpan pada file iostream. library ini ditulis biasanya ditulis paling atas, contoh "#include <iostream>" 
  • Struktur Program
Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

Penjelasan Program Bahasa Pemrograman C++ Diatas :
  • // my first program in C++, merupakan baris komentar yang diawali dengan dua buah tanda miring (//) atau diapit oleh tanda /**/ dan tidak berpengaruh terhadap program. Dalam kasus ini, baris komentar ini digunakan untuk mendeskripsikan suatu program atau bagian - bagian kode yang dibuat.
  • #include <iostream>, diawali dengan tanda pagar (#) atau, baris ini merupakan baris preprocessor. Dalam kasus ini, #include <iostream> menyatakan untuk menyertakan file satandar iostream. Fungsi - fungsi yang sering dipakai oleh pemrogram awal dari pustaka iostream ini diantaran ya: cin, cout, system(“pause”), 
  • using namespace std;, baris ini memberikan perintah kepada compiler bahwasannya program yang sedang ditulis tersebut menggunakan standart C++ library. Terkadang dengan using namespace std; maka programmer tidak perlu menuliskan (.h) pada beberapa library standar C++ yang tercantum.
  • int main () , baris ini merupakan fungsi main (). Baris ini adalah inti dari sebuah program. Baris tersebut terdiri dari sedikit atau banyak serangkaian kode yang biasanya diawali dengan tanda kurung kurawal buka { dan tanda kurung kurawal tutup } dan tanda {} itu dapat menunjukkan dimana fungsi main () tersebut berawal dan berakhir atau yang biasa disebut blok kode. 
  • cout << "Hello World!"; , baris ini merupakan statement (pernyataan) C++. Suatu  pernyataan adalah ekspresi sederhana yang dapat menghasilkan beberapa efek. Perintah cout merepresentasikan standar ouput dalam C++, cout ini dideklarasikan pada file standar iostream dalam namespace std. Jadi baris kode ini berfungsi untuk menampilkan kalimat “hello world”.
    Perhatikan bahwa pernyataan diakhiri dengan karakter titik koma (;). digunakan untuk menandai akhir dari pernyataan dan harus disertakan pada  akhir semua pernyataan ekspresi dalam semua C + + program .
  • Return 0;,intruksi return menyebabkan fungsi main() berakhir dan mengembalikan kode yang mengikuti instruksi tersebut, dalam kasus ini 0. Ini merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengakhiri program tanpa timbal balik apapun.

Kesimpulan dari postingan kali ini yaitu, Bahasa Pemrograman C++ merupakan bahasa yang merupakan perkembangan dari Bahasa C. Kita juga perlu tahu mengenai Komentar, Identifier, Keyword (Kata Kunci), Library Function, dan Struktur Program, karena itu merupakan pendukung kita dalam mengcoding menggunakan bahasa pemrograman C++.

Demikian Pengantar Mengenai Perkenalan Bahasa Pemrograman C++, Semoga kalian akan semangat dalam menekuni Bahasa Pemrograman C++ ini, lebih semangat dalam mempejari bahasa tersebut sambil kita terus berdoa. Semoga dengan artikel ini kalian dapat memeperoleh manfaat. Sekian saja, Jika terdapat penulisan salah ataupun penulisan kurang enak, saya minta maaf. Saran dan kritik, saya sangat perlukan, agar saya menjadi lebih baik dan memberikan artikel yang lebih baik. Terimakasih telah berkunjung di blog ini. Ingat Luangka waktu untuk belajar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan Bahasa Pemrograman C++"

Post a Comment