Pengertian Compiler (Kompilator) & Integrated Development Environment (IDE)

Pengertian Kompilator (compiler) & - Oke sobat semua kembali lagi dengan situs kami yang menyuguhkan bahasan yang berguna untuk kita semua. Dalam sebuah bahasa pemrograman pasti membutuhukan penerjamah bahasa tingkat tinggi ke tingkat rendah atau yang sering kita sebut dengan Compiler (kompilator). Di situs ini, saya akan membahas mengenai Compiler lebih dalam, Maka dari itu sismak pembahasan compiler lebih lengkap dibawah ini.
Compiler (Kompilator) & Integrated Development Environment (IDE)

Pengertian Compiler (Kompilator)

Kompilator dalam bahasa inggris kita menyebutnya sebagai "Compiler", Kompilator/Compiler merupakan sebuah program komputer yang diprogram untuk menerjemahkan program komputer yang dibuat dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain contohnya yang kita bahas ini yakni Bahasa Pemrograman C++.

Kompilator/compiler biasa digunakan untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (Contohnya : Pascal, C++, Java, Visual Basic) yang diterjemahkan menjadi bahasa mesin, tapi sebelum ke bahasa mesin biasanya ke Bahasa Assembly terlebih dahulu, atau bisa disebut bahasa Assembly merupakan Bahasa  sebagai perantara . Contoh compiler pada bahasa C++ contohnya Visual C++, GNU Compiler Collection (GCC), Dev-C++, dan Borland C++.

Saya akan menjelaskan mekanis Bahasa Pemrograman diterjemahkan dalam Bahasa Mesin Berikut Prosesnya. Bahasa Pemrograman tertentu yang ditulis akan diterjemahkan menggunakan perangkat lunak (compiler / kompilator) ke dalam bahasa mesin. Agar Komputer dapat melaksanakan perintah tersebut, programmer juga dimudahkan untuk memberikan perintah. Bayangkan saja betapa sulitnya jika pemrograman komputer dikerjakan secara langsung ke dalam bahasa mesin yang notabene hanya menggunakan angka 1 dan 0, Pasti akan membutuhkan waktu yang lama, sulit dipahami, sangat membosankan, dan juga riskan akan kesalahan pengetikan dan dalam penerjemahannya. Agar tidak seperti itu akhirnya diciptakanlah compiler/ Kompilator sebagai penerjemah bahasa pemrograman tertentu.

Arsitektur Compiler / Kompilator Modern  sekarang rakngkaian komunikasi yang digunakan antar rogram lebih spesifik masing masing. compiler modern bukan lagi dari progam tunggal.  Program dan tugas Kompilator antara lain seperti yang akan kita bahas dibawah ini :

  • Kompilator itu sendiri, yang memiliki tugas tugas menerima dari sumbernya dan menghasilkan berupa Bahasa Tingkat Rendah ( Bahasa Assembly)
  • Assembler, Yang memiliki tugas untuk menerima keluaran dari kompilator dan akan dihasilkan suatu berkas objek dalam bahasa mesin.
  • Linker, Yang memiliki tugas sebagai penerima suatu berkas objek keluaran assembley, dan kemudian digunakan untuk digabungkan dengan pustaka - pustaka yang sangat berguna dan menghasilkan suatu program yang dapat dieksekusi (executable)
Kompilator yang memakai arsitektur ini contohnya adalah Clang, FreeBASIC, GCC.

Tidak adanya compiler / Kompiler, kode kode yang dibuat / ditulis oleh para programmer tidak dapat mudah untuk dibaca oleh komputer. Bisa dikatakan Compiler itu sebagai perantara antara para programmer dengan mesin komputer.

Ada Beberapa Compiler yang tidak menggunakan arsitektur tersebut secara jelas, karena komunikasi yang dikerjakan antar program akan jauh lebih lambat jika kita bandingkan dengan komunikasi yang dilakukan secara internal, di dalam suatu program. Maka Kompilator ini mengintegrasikan linker dan Assemble di dalam kompilator. Tapi biasanya arsitektur yang sering digunakan pun biasanya tidak kaku, dan di izinkan menggunakan linker maupun assembler eksternal (linker eksternal ini mempunyai fungsi jika assembler dan linker dalam internal terjadi masalah atau terjadi galat). Kompilator yang memakai arsitektur seperti ini, salah satunya yang saya ketahui yakni Free Pascal.

Kompilator mengerjakan suatu proses kompilasi dengan suatu cara, yakni dengan menganlisis kode sumber secara keseluruhan atau semuanya, sehingga waktu yang dapat digunakan untuk mengerjakan kompilasi cenderung lebih lama, tapi hasilnya akan lebih cepat dalam suatu proses eksekusi tinimbang program yang dibuat menggunakan teknik terpretasi dengan memakai interpreter.

Pengertian Integrated Development Environment (IDE)

Integrated Development Environment atau IDE merupakan fasilitas yang digunakan oleh seorang programmer daam membangun program. IDE ini banyak menyediakan berbagai fasilitas yang sangat membantu untuk mempermudah dalam membuat suatu program. Bisa dikatakan IDE merupakan sebuah wadah atau tempat para programmer menulis (mengcoding) dan melakukan berabagai en-settingan dan dapat mengkonfigurasi dengan mudah program mereka. 

Sedikit Sejarah mengeani IDE, Sebagai bahan pembanding suatu bahasa pemrograman terdahulu disiapkan dengan menyusun flowchart, menggunakan isian formulir bahkan menggunakan kartu berlubang. IDE pada tahap pertama kali memungkinkan sebuah perintah code ditulis kedalam satu atau bisa lebih file teks, Lalu di kompilasi melalui perintah baris. Sayangnya hanya berupa perkiraan itulah yeng menyebabkan penyusunan tata letak relatif lebih sulit, Jika terdapat suatu kesalahan pada kode tersebut, proses kompilasi tersebut harus dihentikan.

IDE mempunyai tujuan untuk menyediakan berbagai utilitas yang digunakan guna membuat sebuah software (perangkat lunak). Suatu IDE, atau secara bebas bisa diterjamahkan kedalam Lingkungan Pengembagan Terpadu, IDE tersebut setidaknya memiliki fasilitas dibawah ini :
  • Editor, yang merupakan fasilitas dalam menuliska kode sumber dari software (perangkat lunak)
  • Compiler, merupakan fasilitas yang digunakan mengecek sintaks dari kode sumber yang kemudian diubah ke dalam bentuk binary yang sama dengan bahasa mesin.
  • Linker, Merupakan fasilitas yang berfungsi untuk menyatukan data binari dari beberapa kode sumber yang dihasilkan oleh kompilator, maka dari itu data data binari menjadi satu kesatuan, dan akan menjadi sebuah program komputer yang siap untuk dieksekusi.
  • Sebugger, Merupakan fasilitas untuk menjalankan tes suatu program, yang berguna mencari bug/ kesalahan yang terdapat dalam suatu program.

Pada tahap tertentu IDE Modern dapat membanti kita dan dapat memberikan saran untuk bisa mempercepat penulisan kode program tersebut. Pada saat kita menulis kode, IDE dapat memberitahu bagian - bagian yang terdapat kesalahan / error / keraguan.

Perlu kita ketahui bahwasannya Compiler dengan IDE merupakan 2 hal yang berbeda, maka bisa dikatakan tidak sama. Compiler dan IDE bisa dikatakan bahwa compiler merupakan sebagai penerjemah sources code program yang kita tulis ke dalam bahasa mesin. Biasanya Compiler menyatu dengan IDE, Sehingga banyak orang yang merasa kebingungan antara IDE dan Compiler. Padahal yang kita perlu tahu IDE hanyalah sebagai tempat menulis dan melakukan berbagai macam konfigurasi terhadap program yang dibuat salah satunya melakukan compiler yang akan kita gunakan.

Itu saja yang dapat saya tulis mengenai pembahasan Pengertian Compiler (Kompilator) dan hubungannya dengan Bahasa Pemrograman C++, dan Juga mengenai Pengertian IDE (Integrated Development Invorenment). Semoga dengan artikel ini dapat memberikan manfaat terutama pribadi saya dan para pembaca guna menambah ilmu, ataupun sebagai tugas dalam mengerjakan tugas. Dan jika terdapat suatu pertanyaan jangan ragu untuk menanyakan kepada situs kami dengan cara menuliskan pertanyaan dibawah ini. Sekian dan Terimakasih Telah berkunjung disitus kami.

Pengertian Compiler (Kompilator) & Integrated Development Environment (IDE)
Terimakasih
OmahInformatika.xyz

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Compiler (Kompilator) & Integrated Development Environment (IDE)"

Post a Comment