Rekursif - Belajar C++

Rekursif - Belajar C++ - Pada postingan kali ini saya akan memposting atau memberi tutorial mengenai Rekursif yang berguna untuk belajar C++. Rekursif merupakan solusi sederhana. Jika dalam sebuah permasalahan sult untuk diselesaikan secara literatif dengan menggunakan loop.
Rekursif - Belajar C++


Pengertian Rekursif

Dari Pengertian Rekursif, Rekursif di C++ ini merupakan salah satu pengulangan yang cukup penting dalam kita mempelajari Bahasa Pemrograman. Konsep rekursif ini dapat digunakan untuk menyusun mejadi rumus yang dapat digunakan sebagai solusi persoalan sulit ataupu sederhana yang di dalam tersebut terdapat sebuah permasalahan yang sulit jika diselesaikan dengan metode yang iteratif yakni menggunakan perulangan/ loop for, while , dan do while. rekursif dapat juga digunakan untuk mendefinisikan permasalahan dengan konsisten dan sederhana, karena dapat mengekspresikan algortma dalam sebuah rumusan yang menjadikan tampilan algoritma tersebut mudah untuk dianalisa.

Rekursif adalah satu metode di dunia matematika yang dapat kalian definisikan menjadi sebuah fungsi yang mengandung fungsi itu sendiri. Rekursif diimplementasikan yang ada pada sebuah fungsi yang terus memanggil dirinya sendiri sampai suatu keinginan untuk berhenti dalam algoritma tersebut, atau rekursif merupakan satu teknik pemrograman dengan cara memanggil sebuah fungsi dari dirinya sendiri, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. 

Realisasi Rekursif

Rekursif Langsung berarti dalam fungsi tersebut terdapat statement untuk memanggil dirinya sendiri.
Realisasi Rekursif langsung..
F(<list-param>)
depend on
<kondisi-basic>:<ekspresi-1>
<kondisi-rekurensi>:F
<ekspresi-2>
Sedangkan Rekursif tidak langsung merupakan realisasi fungsi yang dapat cross-recursif yaitu jika realisasi fungsi f mengandung fungsi g yang realisasinya adalah aplikasi terhadap f.
Realisasi Rekursif tidak langsung.

G(<list-param>) : F(<ekspresi-1>) F(<list-param>):
depend on
<kondisi-basis>:<ekspresi-1>
<kondisi-rekurensi>:G
<ekspresi-2>

Contoh Rekursif di C++ 

untuk memahami proses yang terjadi dalam sebiah fungsi rekursif, dapat kita perhatikan contoh fungsi rekursif dibawah ini

#include <iostream>
using namespace std;

void rekursi(int a, int b){
if (b!=0){
a=a+1;
b=b-1;
rekursi(a, b);
}
else{
cout << "keluar " << a << " " << b <<endl;
}
}

int main(){
int a;
cout << "Masukkan Nilai a: ";
cin >> a;
int b;
cout << "Masukkan Nilai b: ";
cin >> b;
cout << "masuk " << a << " " << b <<endl;
rekursi(a,b);
}
Saya akan menjelaskan mengenai program tersebut. Misalkan Fungsi tersebut saya masuukkan dengan nilai a = 3 dan b = 3 maka pertama cek apakah b tidak sama dengan 0, jika tidak sama dengan 0 maka a ditambah dengan 1 dan b dikurang 1. sampai fungsi b sama dengan 0 dan mengeluarkan cout << "keluar " <<a<<" "<<b<<endl;

Rekursif dapat digunakan untuk fungsi pangkat, faktorial, dan barisan fibonacci.
Contoh Sources Code Faktorial:
#include <iostream>
using namespace std;

int faktorial(int n){
if(n==0) return 1;
else
return n * faktorial(n-1);
}

int main(){
int n;
cout << "masukkan berapa faktorial : "; cin >> n;
cout << "Faktorial (" << n <<")= " << faktorial(n);
}
Hasil Compile :
Hasil bisa kalian Compile sendiri melalui Compiler kalian, Alasannya saya ingin kalian memahami dan mencoa mencompile program yang kami buat, agar kalian lebih mudah memhami dan mempelajarinya.

Berikut Contoh Program pangkat menggunakan rekursif.

#include <iostream>
using namespace std;

int pangkat(float a, int n){
if(n==0) return 1;
else
return a * pangkat(a,n-1);
}

int main(){
float a;
int n;
cout << "angka : "; cin >> a;
cout << "pangkat : "; cin >> n;
cout << "Hasil pangkat dari : " << a << " pangkat : " << n << " = "<< pangkat(a,n);
}
 Hasil Compile:
Hasil bisa kalian Compile sendiri melalui Compiler kalian, Alasannya saya ingin kalian memahami dan mencoa mencompile program yang kami buat, agar kalian lebih mudah memhami dan mempelajarinya.

Demikian mengenai pembelajaran C++ mengenai rekursif yang mempunyai kelebihan dalam metode perncarian atau searching. Jika belum jelas bisa tanya di kolom komentar. Terima Kasih telah berkunjung di situs kami. Semoga harimu menyenangkan.

Rekursif - Belajar C++
Terima Kasih
OmahInformatika.xyz

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rekursif - Belajar C++"

Post a Comment