Basic Syntax - Java

Basic Syntax - Belajar Bahasa Pemrograman Java. Halo Para Pembaca, kali ini saya akan share mengenai Basic Syntax di Java. Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat membuat seluruh bentuk aplkasi, dekstop, web, mobile dan lainnya. Maka dari itu kita harus mengetahui Basic Syntax.
Basic Syntax - Java


Belajar Bahasa Pemrograman Java Basic Syntax

Ketika kita belajar tentang java, kita dapat mendefinasikan Basic Syntax sebagai sebuah kumpulan objek yang saling berkaitan dengan beberapa method. Sekarang mari kita pahami mengenai apa itu class, objek, method, dan instance variabel. Mari kita pahami dibawah ini:

Object - Objek memiliki bentuk dan perilaku, contohnya anjing mempunyai warna, jenis dan mungkin julukan/ nama. Begitupun Kucing juga mempunyai beberapa perilaku seperti berjaan, melompat maupun makan.
Class - Sebuah class dapat diartikan sebagai cetakan untuk membuat suatu bentuk atau perilaku yang mendukung objek yang akan dibuat.
Methods - Sebuah method dapat diartikan sebaga perlaku. Sebuah Class dapat berisi beberapa method. Dalam method ini berisi tentang logika kita, data yang terolah dan tentunya dapat dieksekusi.
Instance Variables - Setiap objek memiliki identitas unik berupa kumpulan instance variables. Sebuah bentuk objek dibuat dengan nilai yang dimasukkan ke instance variable yang dimilikinya.
Mari kita simak contoh program yang mencetak tulisan program hello world
public class MyFirstJavaProgram { /* This is my first java program.
*/

public static void main(String []args) {
    System.out.println("\nHello World"); // prints Hello World
    System.out.println(“\nI Am Julia Robert “);
    System.out.println(“\my Hobbies are Writing, Reading, Biking “);
    System.out.println(“\nmy Favorite soccor is Messi”)
    System.out.println(“\nHow do you do today guyyy”);
        }
}
Hasil Kalian dapat compile melalui IDE kalian. Yaaa. Sekalian belajar lho ya,, biar cepet bisa.

Oke Coba kalian praktekkan bagaimana cara menyimpan, compile, dan eksekusi programnya.
  • Save File as: MyfirstJavaProgram.java.
  • Buka Command Prompt window dan menuju directory dimana program itu dijalankan asumskan di C:\
  • Ketik 'Javac MyFirstJavaProgram.Java' dan tekan entar untuk compile codenya. Jika tidak terjadi eror maka command prompt akan membawamu menuju baris selanjutnya.
  • Sekarang ketkkan 'java MyFirstJavaProgram' untuk menjalan program.
  • 'Hello Word' akan muncul di layar.
Setelah mengetahui cara dalam menyimpan dan compile program yang anda buat. Di java kita juga harus memperhatikan mengenai juga dalam membuat program java:
  • Case Sensitive - Java mempunyai sifat case sensitive, bisa kita contohkan Kata Hello dengan hello, kata tersebut mempunya arti yang berbeda dalam pemrograman Java.
  • Class Names - Untuk nama class, hururf pertama harus huruf besar, begitupun jika terdiri beberapa kata, huruf depan kata harus huruf besar.
    Contoh : class PertamaKaliKuJavaClass.
  • Method Names - Untuk nama class awalnya harus huruf  kecil, tetapi jika terdiri beberapa kata maka awal kata dalam nama method tersebut harus huruf besar.
    Contoh: public void myMethodName()
    Program File Name - Nama dari program harus sama dengan nama class utamanya. ketika menyimpan filenya, baisanya tersimpan menggunakan nama class utamanya dan berakhiran ".java". Kalau nama class dan nama program beda maka tidak akan bisa dilakukan compiler.
    Contoh : Kita asumsikan 'MyFirstJavaProgram' adalah class name. kemudian file harus disimpan 'MyFirstJavaProgram.java'
  • public static void main(String args[]) - Program java dimulai dari method yang berawalan main().
Demikian mengenai belajar bahasa pemrograman Java mengenai Basic Syntax, yang harus kita pelajari dalam melanjutkan belajar bahasa pemrograman java untuk kedepannya. Saya Juga berterimakasih telah belajar di blog ini, semoga dapat membantu belajar kalian semua. Sekian dan Terimakasih.

Basic Syntax - Java
Terima Kasih
OmahInformatika.xyz

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Basic Syntax - Java"

Post a Comment