Pengenalan Bahasa Pemrograman Java

Pengenalan Bahasa Pemrograman Java - Java adalah bahasa pemrograman dan platform komputasi yang pertama kali dirilis oleh Sun Microsystem, pada tahun 1995. Bahasa Pemrograman Java merupakan teknologi yang mendasarri kekuatan utilitas, permainan, dan aplikasi bisnis. Java sudah berjalan di 850 juta komputer pribadi di seluruh dunia, termasuk ponsel dan perangkat TV. 
Pengenalan Bahasa Pemrograman Java

Java dapat digunakan untuk membuat seluruh bentuk aplikasi, dekstop, web, mobile dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensionan yang lain. Bahasa Pemrograman Java ini berorientasi objek (OOP - Object Oriented Progamming), dan dapat dijalankan pada berbagai paltform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetappi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan open sources tentunya. Dengan slogannya "Write Once, Run Anywhere".

Karakteristik Java

Salah satu karakteristik Java adalah probabilitas, yang disini dapat kita arikan sebagai sesuatu program komputer yang kita tuliskan dalam menulis bahasa pemrograman java yang seharusnya dijalnakan secara bersamaan, di setiap perangkat keras/platform di dalam sistem operasi kita. Karena alasan tersebut harus kita capat dengan menuliskan secara urut kode bahasa pemrograman java ke sebuah byte code java. Para pemakai aplikasi pada biasanya lebih memilih untuk menggunakan Java Runtime Environment(JRE) yang dapat diinstal dalam perangkat kalian sendiri sendiri, karena dapat digunakan dalam menjalankan suatu aplikasi java, atau biasanya dalam browser web yakni applet Java.

Untuk pembuatan dan pengembangan aplikasi berbasis java diperlukan Java Development Kit (JDK), saat saat ini para programe yang memiliki, memakai dan pemegang lisensi/izin dari JDK ialah Oracle Corporation yang memilki secara resmi dan mengakusisi Sun Microsystem pada awal tahun 2010. Beberapa Java platform yang dapat digunakan untuk kalian gunakan sebagai development yakni. :
  • Java SE (Standar Edition), yang secara khusus dapat kalian digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi/software pada PC kalian masing masing atau Workstation.
  • Java ME (Micro Edition), yang khusus untuk pengembangan aplikasi - aplikasi pada perangkat mobile, seperti HP, SmartPhone, PDA, Tablet, DLL.
  • Java EE (Enterprise Edition), yang khusus digunakan untuk pengembangan aplikasi skala besar (enterprise), dan aplikasi web berbasis java.

Keunggulan Java

Bahasa Java merupakan bahasa yang sederhana, karena dirancang untuk memudahkan untuk dipelajari ataupun digunakan secara efisien dan efektif. Java tidak menyertakan fitur - fitur rumit bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang pada mulanya pekerjaan dilakukan manual, tapi di java ini dikerjakan secara Otomatis. Bagi pemrograman yang sudah belajar atau paham mengenai bahasa pemrograman C/ C++ akan mudah dan cepat dalam belajar susunan Bahasa Pemrograman Java.

Java merupakan bahasa MultiThreading. Thread disini dapat digunakan untuk menyatakan program komputer melakukan dua atau lebih dari satu tugas di satu waktu yang sama. Karena Java menyediakan kelas guna menulis program MultiThread.

Di Java juga memiliki mekanisme expection-handling, yang ampuh. Exceptipn-Hadling yang menyediakan salah satu cara dalam memisahkan diantara bagian penganan kesalahan dengan bagian kode yang normal. Sehingga ketika kesalahan yang serius yang ditemukan pada coding, maka program Java menciptakan exception. Excepption ini akhirnya dapat ditangkap dan dikelola program tanpa resiko yang dapat membuat sitem mengalami penurunan.

Demikian pembahasa mengenai Pengenalan Bahasa Pemrogaman Java. Masih terdaat banyak fitur yang harus dikaji lebih dalam untuk mengerti dan menguasai Bahasa Pemrogaman Java ini. Maka dari itu terus kunjung blog ini dan tunggu postingan postingan saya, karena saya akan bahas satu per satu di blog ini tentunya, ditambah dengan penggunaan java dan terapan.
Ok Sekian dan Terimakasih.

Pengenalan Bahasa Pemrograman Java
Terima Kasih
OmahInformatika.xyz

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan Bahasa Pemrograman Java"

Post a Comment