Interpretasi (interpretation) - Logika Proposisional, Lengkap dengan Contoh

Interpretasi (interpretation), Logika Proposisional - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Interpretasi di dalam Logika Proposisional (Propotional Logic). Urutan yang akan saya bahas, yakni Definisi, dan Pemahaman tentunya juga akan saya beri contoh yang cukup untuk kalian mengerti.

Definisi Interpretasi (interpretation) 

Menurut WikipediA Interpretasi adalah proses suatu komunikasi yang bisa berupa gerakan atau lisan  antara dua pembicara atau bahkan lebih dari dua pembicara yang tidak dapat menggunakasebuah simbol -simbol yang serupa, baik itu secara simultan (yang kita kenal - interpretasi simultan) atau pula berurutan (yang biasa dikenal interpretasi berurutan). Menurut definisi Interpretasi, interpretasi adalah intepretasi yang biasanya hanya digunakan sebagai suatu metode jika diperlukan.

Dalam Logika Proposisional Definisi Interpretasi dapat diartikan, sebuah interpretasi I adalah suatu pernyataan (assignment) nilai kebenaran, true atau false, ke tiap-tiap himpunan simbol-simbol proposisional. Interpretasi kosong tidak memberikan nilai kebenaran apa-apa ke simbol-simbol proposisional.

Untuk suatu kalimat F, sebuah interpretasi I disebut “interpretasi untuk F” jika I memberikan nilai kebenaran ke tiap-tiap simbol proposisi dari F.

Contoh Suatu Interpretasi dalam Logika Proposisional.

Mari kita perhatikan kalimat ini : F = P ∨ ¬Q.
1.  Interpretasi yang pertama.
Suatu interpretasi I1 untuk F memberikan nilai false ke P dan true ke Q, yaitu:
I1:  P←false, Q ← true.
2.  Interpretasi yang Kedua
Suatu interpretasi I2 untuk F memberikan nilai false ke P dan false ke Q, yaitu:
I2 : P ← false, Q←false
3.  Interpretasi yang ketiga.
Suatu interpretasi I3untuk F memberikan nilai true ke P dan false ke Q, yaitu:
I3:  P←true, Q ← false.
4.  Interpretasi yang keempat
Suatu interpretasi I4 untuk F memberikan nilai true ke P dan true ke Q, yaitu:
I4 : P ← true, Q←true

Kesimpulan dari pembahasan kali ini, Interpretasi adalah sebuah pernyataan true atau false dalam simbol simbol tersebut. Dalam pembahasan selanjutnya akan lebih tahu mengenai fungsi dan apa itu interpretasi. Karena pada Pemabahsan yang lebih lanjut akan menentukkan valid atau tidak valid sebuah Kalimat. Maka dari itu tetap berkunjung di Blog ini untuk lebih memahami mengenai Logika Informatika Dasar.

Untuk Itu cukup sekian saja pembahasan saya mengenai dalam salah satu materi matkul Ilmu Komputer yakni Logika Informatika. Tentunya pada sub bab Interpretasi yang merupakan salah satu bagian dari logika Proposisional. Semoga dengan artikel dapat memberikan banyak manfaat untuk kalian ataupun untuk saya pribadi. Jika terdapat pertanyaan yang ingin kalian tanyakan, bisa kalian tulis di kolom komentar atau di kontak form situs kami. Sekian dan Terima Kasih telah berkunjung di situs kami.

Interpretasi (interpretation) - Logika Proposisional, Lengkap dengan Contoh
Terima Kasih
OmahInformatika.xyz

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Interpretasi (interpretation) - Logika Proposisional, Lengkap dengan Contoh"

Post a Comment