Class di Bahasa C++

Di Belajar C++ disini saya akan bahasa mengenai Claass di C++. Class di dalam C++ merupakan pengembangan dari notasi struct yang pernah saya bahas pada postingan sebelumnya. Dimana Struct yaitu struktur untuk mendefinasikan elemen elemen data. Lanjut kita ke Class.
Class di Bahasa C++

Type Class di C++

Class dalam C++ biasanya digunakan untuk memodelkan suatu obyek yang terdiri dari dua anggota, yaitu atribut yang drepresentasikan sebagai anggota data (Data Members) dan merupakan sifat atau operasi - operasi atau prosedur - prosedur yang direpresentasikan sebagai fungsi anggota (member function). tadi kan terdapat kata fungsi anggota, fungsi anggota itu biasa disebut dengan metode pada bahasa pemrograman yakni berorientasi objek lainnya dan digunakan untuk memberi pesan pada obyek yang bersangkutan. Setiap Anggota dari obyek ini dapat dikelompokkan berdasarkan sifat akses terhadap anggota anggotanya. Terdapat tiga sifat yang diberikan disini. yaitu public, private, dan protected. 

Deklarasi Class di C++

Class merupakan metode logiccal untuk organisasi data dan fungsi dalam struktur yang sama. Class bisa dideklarasikan dengan tulisan class, deklarasinya pun hampir sama dengan struct, tetapi beda dengan kemungkinan penyertaan fungsi sebagai anggota.
Deklarasi nya bisa lihat dibawah ini:

class class_name{
permission_label1;
member1;
permission_label2;
member2;
}object_name;

saya kasih penjelasan mengenai struktur class tersebut. Di class_name adalah nama class(user defined type) dan field optional object_name adalah satu atau beberapa identifier objek yang valid. Body dari deklarasi berisikan members, yang dapat berupa data ataupun deklarasi fungsi, dan permission labels (optional) yang dapat berupa satu daru tiga keyword berikut ini: private:, public:, adatu protected:.
saya akan menjelaskan private, protected, dan public.
1.  private merupakan anggota class dapat diakses dari anggota lain pada kelas yang sama atau dari class "friend".
2.  protected merupakan anggota yang dapat diakses dari anggota class yang sama atau class friend, dan juga dari anggota class turunannya (derived).
3.  public merupakan anggota dapat diakses dari class manapun.

Sources Code :
#include <iostream>
using namespace std;

class data{
   public:
   int nu1,nu2;
   data(int numm1,int numm2){
nu1=numm1;nu2=numm2;cout <<"numbers initialized \n";
    }
    int sum_num(){return nu1+nu2;}
};


int main (){

    int num1;
int num2;
cout<<"Masukkan Angka Pertama : ";
cin>>num1;
cout<<"Masukkan Angka ke-dua. : ";
cin>>num2;


data set_nu(num1,num2);

cout << "Hasil dari Penjumlahan angka tersebut.:"<< set_nu.sum_num()<<"\n";

return 0;
}

Untuk Hasil dari program diatas saya mohon maaf tidak bisa menampilkan. Saya memiliki alasan tersendiri untuk menampilkan di postingan kali ini. Semoga kalian dapat mencoba kodingan saya diatas. Terima Kasih atas perhatian pembaca semua. Semoga dapat membantu kalian menjadi orang yang hebat.

Demikian Belajar C++ mengenai Class jika terdapat pertanyaan atau kurang jelas dalam pemberian materi ini, bisa tulis di kolom komentar, atau email ke saya. Sekian dan Terimakasih telah berkunjung di situs kami.

Terima Kasih
Class di Bahasa C++
OmahInformatika.xyz

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Class di Bahasa C++"

Post a Comment