Pengertian Input dan Output Bahasa C++ Lengkap Dengan Contoh

Pengertian Input dan Output Bahasa C++ - Input dan Ouput Bahasa C++ - Dalam melakukan aktivitas dalam membuat suatu porgram kita tidak akan lepas dengan kedua hal tersebut. Maka dari itu pada postingan kali ini kita akan belajar mengenai input dan output.
Pengertian Input dan Output Bahasa C++


Pada Bahasa C operasi input dan outpun dilakukan menggunakan fungsi gungsi yang ada dalam file library atau header "stdi.h". Input dan Ouput pada bahasa c untuk menampilkan ke layar monitor digunakan perintah seperti prinf, putch, scanf, puts dll. Perintah tersebut digunakanuntuk masukan dankeluaran bahasa pemrograman C. Sedangkan untuk input dan output ke file menggunakan perintah seperti fwrite, fred, fputch, dll.

Dalam hal input dan output bahasa pemrograman C++ lebih mudah untuk melakukan operasi input dan ouput daripada bahasa pemrograman C. Fitur pada masukan dan keluaran pada bahasa pemrograman C tetap bisa digunakan hanya saja pada bahasa pemrograman C++ ditambahi dengan fitur yang lebih mudah. Pada Bahasa Pemrograman C++ operasi input dan output dapat kalian lakukan dengan menggunakan fungsi-fungsi yang berada di stream dan salah satu input dan output yakni "iostream".

Apa kamu tahu apa itu Stream ? jika belum tahu saya jelaskan disini. Stream merupakan suatu Logic device (peralatan logika) yang mempunyai fungsi guna menghasilakan dan dapat menerima berbagai informasi atau suatu wadah yang kita gunakan untuk menampung output dan menampung berbagai aliran data. Untuk menampung aliran data contohnya : file, keyboard, mouse ataupun digunakan untuk keluaran contohnya : layer, printer dan sebagainya, hal tersebut secara umum dikenal dengan stream. Secara sederhana input dan output mempunyai arti Input yakni membaca dari stream, sedangkan output yakni menulis ke stream. Dalam Library "iostream" di Bahasa C++ standard operasi yang digunakan input dan output untuk kita memogram mendukung 2 data streams : cin yang digunakan untuk input sedangkan cout digunakan untuk output.

Setelah mengetahui secara singkat mengenai Apa itu Input dan Output mari kita belajar input dan output secara mendalam dengan berbagai contoh yang telah saya sampaikan.

Pengertian Input Bahasa C++

Input yang juga berarti masukan merupakan interaksi antara pengguna dengan program, dengan adanya interaksi tersebut memungkinkan program bisa menerima data dari pengguna yang dapat berbetuk file, text, gambar, hardcopy atau yang lainnya. Dalam Bahasa C biasa kita kenal dengan perintah input diantaranya menggunakan fungsi scanf(), dan sebagainya. Tapi di dalam Bahasa Pemrograman C++ kita dipermudah, karena kita hanya cukup menggunakan perintah "cin".

Standard input "cin", penggunaanya dengan ditambahkan simbol >> atau lebih jelasnya merupakan overloaded operator extraction (>>) pada cin stream. Dan setelah itu harus diikuti variabel yang akan menyimpan suatu data.
Contoh Penggunaan Input Bahasa C++ :
#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
int umur;
cout << "Berapa Umurmu : "; cin >> umur;
cout << "Umurmu " << umur << " tahun";
}
Hasil Compile :
Pengertian Input dan Output Bahasa C++
Contoh Penggunaan Input Bahasa C++ :

Penjelasan Program diatas.
Dapat kita lihat dari contoh diatas, contoh tersebut mendeklarasikan variabel mengenai umur dengan tipe data int dan menunggu perintah masukkan/input dari cin (keyborad) guna disimpan di variabel umur yang bertipe data int. Perintah cin ini, setelah itu akan diproses input dari keyboard atau yang pengguna ketikka sekali saja dan tombol ENTER harus ditekan. cin tersebut agar dapat digunakan lebih dari satu input :

cin >> a >> b;

ini dipisahkan dengan spasi, contohnya jika kalian memasukkan angka seperti ini : 13 25 atau menggunakan 13 enter 25

Equivalen dengan :

cin >> a;
cin >> b;

Maka diperoleh dari data tersebut, data yang harus di input yakni 2, Pertama untuk variabel a dan lainnya untuk variabel b yang penulisannya harus dipisahkan dengan : enter, spasi, tabular atau newline. Pada Biasanya cout (standard output stream) ditujukan untuk monitor dan cin (standard input stream) ditujukan untuk keyboard. dengan dua streams tersebut, maka kita bisa berinteraksi dengan pengguna dengan menampilkan pesan di monitor dan menerima input dari keyboard.

Pengertian Output Bahasa C++

Output yang juga berarti Keluaran merupakan aktifitas program yang mengerjakan perintah untuk memberikan suatu informasi hasil dari proses data kepada pengguna atau orang yang melakukan. Data tersebut ditampilkan dapat berbentuk teks, file, gambar, hardcopy ataupun keluaran yang lain. Dalam bahasa C biasa kita kenal dengan perintah input diantaranya menggunakan fungsi printf, dan sebagainya. Tapi dalam bahasa Pemrograman C++ kita dipermudah dengan hanya menggunakan perintah "cout".

Standar output "cout", penggunaan cout stream setelah cout ditambahi dengan operator overloaded << (sepasang tanda "less than").
Contoh :
#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
cout << "kalimat keluaran\n"; //mencetak kalimat keluaran pada layar
cout << 120; //mencetak angka 120 pada layar

}
Hasil Compile :
Pengertian Input dan Output Bahasa C++
Contoh Output Bahasa C++

Operator  << dikenal sebagai insertion operator, dimana berfungsi untuk menginput data yang mengikutinya. Jika kita menggunakan tipe data string, maka kita harus mengapit kata tersebut menggunakan dua tanga kutip ("......"), sehingga membedakannya dari variable. 
Contoh :
#include <iostream>
using namespace std;

int main(){

int x=100;
cout << "Hello\n"; //mencetak kalimat keluaran yaitu Hello pada layar
cout << X; //mencetak isi dari variabel X pada layar

}
Hasil Compile :
Pengertian Input dan Output Bahasa C++
Contoh Output Bahasa C++

Operator insertion (<<) dapat digunakan lebih dari 1 kali dalam kalimat yang sama, Contoh :
#include <iostream>
using namespace std;

int main(){

cout << "Halo " << "Wegig " << "Gimana " << "Kabarnya ?";
}
Hasil Compile :
Pengertian Input dan Output Bahasa C++
Contoh Output Bahasa C++

Contoh diatas akan menampilkan "Halo Wegig Gimana Kabarnya ?" kalimat pada layar monitor. Manfaat dari kita menggunakan operator insertion (<<) berulang kita dapat gunakan untuk melihatkan kombinasi dari satu konstanta dan variabel atau lebih,

Contoh Terakhir kombinasi antara tiga tersebut.
#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
int tanggal = 13;
string bulan = "Agustus";
int tahun = 1999;
cout << "Namaku Wegig, Aku Lahir ";
cout << "tanggal " << tanggal << " Bulan " << bulan << " Tahun " << tahun;
}
Hasil Compile
Pengertian Input dan Output Bahasa C++
Contoh Output Bahasa C++

Program Menggunakan Input dan Output Bahasa C++

Untuk lebih menjelaskan kepada kalian mengenai Input dan Output saya akan memberikan sebuah program pencampuran antara input dan ouput menggunakan cin dan cout.

Sources Code :
#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
string nama;
int tanggal;
string bulan;
int tahun;

cout << "Hai Nama Kamu Siapa : "; cin >> nama;
cout << "Berapa Tanggal Lahir Mu : \n";
cout << "Tanggal : ";cin >> tanggal;
cout << "Bulan : "; cin >> bulan;
cout << "Tahun : "; cin >> tahun;

cout << "Nama Kamu " << nama << " Tanggal Lahirmu, " << tanggal << " " << bulan << " " << tahun <<endl;
}
Hasil Compile :
Pengertian Input dan Output Bahasa C++
Contoh Program Input dan Output Bahasa C++

Penjelasan terdapat dalam gambar. Penjelasan tersebut sangat jelas, jika belum bisa bertanya di kolom komentar. Secepatnya akan saya jawab.

Itu saja postingan saya mengenai cara penggunaan Input dan Ouput Bahasa C++, Pengertian Input dan Ouput Bahasa C++, Penjelasan Input dan Ouput Bahasa C++, Contoh Input dan Ouput Bahasa C++. Semoga dengan artikel ini dapat memberikan manfaat sebagai menambah ilmu, bahan tugas, ataupun hanya sebagai wawasan. Jika terdapat pertanyaan jangan ragu untuk bertanya dengan cara menuliskan di kolom komentar. Sekian dan Terimakasih telah berkunjung di situs kami

Pengertian Input dan Output Bahasa C++ Lengkap Dengan Contoh
Terima Kasih
OmahInformatika.xyz

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Input dan Output Bahasa C++ Lengkap Dengan Contoh"

Post a Comment